Sunday, July 4, 2010

Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara merupakan sebuah novel karya A. Fuadi. Novel yang sangat inspiratif ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak bernama Alif Fikri yang berasal dari Sumatera Barat, tepatnya di pinggir danau Maninjau. Alif "dipaksa" ibunya untuk melanjutkan sekolah agama. Akhirnya, dia memutuskan untuk masuk disebuah pondok di daerah Ponorogo, Jawa Timur yang bernama Pondok Madani. Di pondok itulah dia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang berasal dari berbagai daerah. Antara lain Said Jufri dari Surabaya, Dulmajid dari Madura, Raja Lubis dari Medan, Baso Salahuddin dari Sulawesi, dan Atang Yunus dari Bandung, Jawa Barat. Mereka biasa disebut Sahibul Menara atau orang yang punya menara,karena kebiasaan mereka berkumpul di bawah menara.Mereka memiliki ikatan persahabatan yang sangat kuat.
Dalam kehidupan pondok yang sangat disiplin, Alif berhasil mengembangkan bakat yang dimiikinya. Dengan 'Mantera' sakti "man jadda wajada" yang artinya "siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses" Alif dan sahabat-sahabatnya berhasil lulus dari Pondok Madani.


Novel yang memberikan gambaran tentang kehidupan pondok pesantren ini menginspirasi saya untuk selalu bersungguh-sungguh dalam mencapai cita-cita. Setelah membaca novel ini kita akan mendapatkan semangat baru yang lebih kuat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes