Monday, July 5, 2010

Liwetan

Liwetan merupakan sebuah kebiasaan yang ada di Desa Wonoasri, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Istilah liwetan diambil dari kata "liwet" yang artinya suatu cara memasak nasi yang sering dilakukan di desa-desa. Liwetan biasanya diadakan oleh sekelompok pemuda, tapi tidak jarang juga diadakan oleh bapak-bapak.
Liwetan merupakan suatu bentuk kerjasama dan kebersamaan yang cukup kuat. dalam liwetan, lauk yang digunakan bermacam-macam, mulai dari yang paling sederhana berupa sambel tomat, daun singkong rebus, krupuk, sampek yang cukup 'mewah' seperti ayam ato daging sapi.



Beberapa waktu yang lalu aku sempat ikut "liwetan" bersama kakak ku dan temennya. Suasananya sangat akrab, penuh kebersamaan. Setelah bersusah payah masak nasi, lauk pauk dan mempersiapkan segala macam kebutuhan yang diperlukan, akhirnya tiba juga saatnya untuk makan. Nasi yang masih panas dihidangkan di atas daun pisang yang ditata memanjang, hal ini dikarenakan jumlah peserta liwetan cukup banyak, sekitar 10 orang. Nasi yang masih mengepulkan asapnya kemudian di kasih sambel tomat yang udah jadi, beserta daun singkong rebus dan lauk lainnya. Sebagai lauk tambahan, kita menggunakan kelinci goreng yang sangat gurih. Setelah semuanya dibagi rata, makan pun dimulai, dengan bacaan basmallah, semua anak makan dgn lahapnya, menikmati hidangan bikinan sendiri. Dalam liwetan di desaku ada semacam aturan tidak tertulis yang melarang peserta liwetan meninggalkan tempat sebelum semua makanan habis, aturan itulah yang menciptakan rasa kebersamaan, dimulai secara bersama-sama, dan diakhiri juga secara bersama-sama.

Kebersamaan inilah yang membuatku slalu pengen ikut liwetan setiap kali ada yang mengadakannya. semoga tradisi ini bisa terus dilakukan seiring semakin majunya zaman.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes