Tuesday, June 18, 2013

ALIGATOR SNAPPING TURLE (MACROCHELYS TEMMINCKII)




Aligator snapping adalah salah satu kura-kura air terbesar. Kura-kura ini adalah spesies tunggal dari genus Macrochelys. Kura-kura ini dikategorikan kura-kura full aquatik karena setelah menetas kura-kura ini akan masuk ke air dan tidak akan pernah kembali ke daratan, kecuali kura-kura betina hanya akan kembali kedaratan saat bertelur. Klasifikasi dari kura-kura ini sebagai berikut:

Kingdom : Animalia
Pilum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Famili : Chelydridae
Genus : Macrochelys
Spesies : Macrochelys temminckii

DISTRIBUSI DAN PENYEBARAN
Kura-kura ini adalah kura-kura air tawar terbesar di Amerika Utara. Kura-kura biasa ditemukan terutama di perairan Amerika Tenggara dari Kawasan Texas Timur bagian timur sampai ke wilayah Florida, utara sampai tenggara Kansas, Missouri, Iowa bagian tenggara, sebelah barat Illinois, Indiana bagian selatan, sebelah barat Kentucky, dan sebelah timur Tennessee. Biasanya betina akan bersarang di lahan terbuka.
Karena perdagangan hewan peliharaan eksotis dan perusakan habitat aslinya kura-kura ini sekarang dianggap sebagai spesies yang terancam kepunahan.

DESKRIPSI
Kura-kura ini dapat dilihat dengan ciri-ciri mempunyai kepala yang besar dan berat serta mempunyai cangkang yang panjang dan tebal dengan tiga scute dorsal yang berukuran besar menjadikan sebuah penampilan dan kesan yang primitif. Kura-kura ini mempunyai warna abu-abu, coklat, hitam dan hijau zaitun yang biasanya ditutupi oleh ganggang yang tumbuh ditubuhnya.
Di Kansas pada tahun 1937 pernah ditemukan kura-kura ini dengan berat 183 kg walaupun laporan tersebut tidak terverifikasi kebenaranya. Kura-kura terbesar yang terverifikasi adalah seberat 133 kg yang berada di Sheed Aquarium Chicago. Kura-kura ini dapat melakukan perkembangbiakan pada saat mencapai berat sekitar 16 kg, dengan panjang kira-kira 38 cm. Walaupun begitu kura-kura ini akan terus tumbuh sepanjang hidup. Pada umumnya kura-kura aligator snapping dapat mencapai ukuran panjang kerapas sekitar 40-80-an cm dengan berat mencapai sekitar 68-80 kg.

MAKANAN
Kura-kura Aligator snapping bersifat karnivora. Pada saat masih muda sumber utama diperoleh dari memakan ikan-ikan kecil. Di alam, makanan kura-kura ini adalah ikan dan bangkai ikan, invertebrata, bangkai dan amfibi. Tapi kura-kura ini pernah diketahui juga memakan ular, anak buaya, dan kura-kura lainnya. Di penangkaran mereka dapat hampir mengkonsumsi segala jenis daging termasuk daging sapi, ayam, dan babi walaupun tidak baik jika dikonsumsi jangka panjang. Kura-kura ini tidak mau makan jika terkena suhu yang ekstrim.

REPRODUKSI DAN UMUR
Kura-kura ini mencapai kematangan seksual pada umur sekitar 12 tahun. Perkawinan berlangsung tahunan dari awal semi di selatan dan musim semi di utara. Sekitar 2 bulan kemudian betina bertelur. betina dapat bertelur hingga 10-50 telur. Jenis kelamin kura-kura ditentukan oleh suhu pada saat inkubasi. Sarang biasanya dibuat sekitar 50 meter dari tepian air, ini dilakukan untuk mencegah sarang tergenang dari air. Inkubasi berlangsung selama 100-140 hari, dan kemudian menetas sekitar awal musim gugur.
Meskipun rentang hidup kura-kura tersebut di alam liar tidak diketahui tetapi diyakini bahwa kura-kura ini dapat hidup selama 200 tahun. Tapi pada umumnya kura-kura ini dapat mencapai umur sekitar 80-120 tahun lebih. Sedangkan di dalam penangkaran kura-kura ini dapat hidup antar 20 sampai 70 tahun.


0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes